Bukan Garam, Ternyata Ular Sangat Takut dengan Dua Benda Ini

Net1zen: “Teurima kasih saya mau coba. Karana sering ada masuk ular keu rumah setiap mlm jumat xalion .pake garam tetap bisa masuk, semoga bisa..” Anda boleh scroll ke bawah tonton vide0 terus, untuk mengetahui info yang lebih lanjut dan lengkap.

Ular adalah jenis haiwan yang sangat bahaya. Sebarang gigitan ular boleh berbahaya, ada ular yang beracun. Kebanyakan orang tidak tahu spesies ular yang berbeza dan mana yang beracun. Jika anda digigit ular, dapatkan rawatan perubatan segera. Gigitan ular boleh menyebabkan kerosakan tisu serius di mana gigitan berlaku dan juga boleh memerlukan rawatan perubatan susulan.

Sekiranya anti-venom yang betul diberikan dengan cepat, ia dapat menyelamatkan nyawa orang itu. Oleh itu, kalau jumpa ada ular disekeliling anda, jangan cuba mendekati ular tersebut dan jangan tunjuk hero untuk menangkap ular tu, sebab kita tidak pasti ular tersebut beracun atau tidak.

Untuk mengelakkan serangan atau digigit oleh ular, jangan bermain dengan atau menarik perhatian ular. Kalau ular mendekati anda cepat lari. Sebab takut nanti ular serang.

Sila tonton video:

“iframe-wrapper extendsBeyondTextColumn”>
Benda-Benda Yang Ditakuti Ular Dan Cara Mencegah Agar Ular Tidak Masuk Ke Dalam Rumah.

Bagi yang tinggal di kota-kota besar atau pemukiman yang rapat bangunan dan penduduknya, ular mungkin bukan masalah besar, karena memang sangat jarang ular yang nyasar ke wilayah seperti ini.
Namun sebaliknya, bagi yang tinggal daerah lapang terbuka, seperti pinggiran hutan, di sekitar ladang atau area persawahan atau bahkan pemukiman / perumahan yang bari dibuka, masalah ular yang masuk ke dalam rumah cukup sering terjadi.

Meskipun tidak semua jenis ular termasuk binatang yang berbahaya, namun tetap saja ular merupakan hewan yang “disirik” dan ditakuti, sekurangnya “nggilani”, menjijikkan, bagi hampir sebagian besar orang, khususnya kaum wanita. Sehingga hampir setiap orang merasa enggan jika sampai rumahnya dimasuki ular. Sebisa mungkin melakukan tindakan untuk mencegahnya.

Karena itulah ketika terjadi kasus ular masuk rumah, biasanya akan langsung heboh. Meski setelah tertangkap ternyata ular biasa yang tidak berbisa, ……..kecil lagi.Sebenarnya jika dirunut, jumlah jenis ular yang berbisa boleh dikatakan jauh lebih sedikit dari keseluruhan jenis ular.

Dari sekitar 5000 jenis ular di seluruh dunia, yang merupakan jenis ular berbisa “hanya” sebanyak 37,5 % saja atau sekitar 1800 jenis.Itupun, sebagian besarnya hidup di lautan.Sedangkan di Indonesia “hanya” terdapat 400 jenis ular baik di darat maupun yang di laut. Dan hanya ada 110 jenis yang berbisa.

Dari jumlah tersebut, yang tempat hidupnya di darat hanya berjumlah sekitar 35 jenis saja.Selain itu, ular pada dasarnya “tidak suka” jika harus masuk ke dalam rumah.Kata orang-tua, “hawanya” berbeda.Ular biasanya baru mau masuk ke dalam rumah jika dalam keadaan sangat kepepet, tidak mendapatkan makanan yang dibutuhkannya.Sebab ular adalah binatang yang pragmatis. Dimana ada gula di situ ada semut. Dimana ada bahan makanan, ular akan datang.

Namun, meski ada bahan makanan, ular juga akan merasa “miris” untuk menerobos masuk rumah ketika disitu ada benda-benda yang tidak disukai atau ditakutinya.Lalu, benda-benda apa yang ditakuti ular ? Sekurangnya tidak disukainya ?Orang-orang kuno jaman dulu sangat percaya bahwa garam dapur mampu mengusir ular.Benarkah ?

Beberapa benda yang ditakuti atau tidak disukai oleh ular antara lain :

1. Garam dapur tidak disukai ular

Garam dapur memang tidak disukai oleh ular. Ular biasanya akan menghindar ketika di jalannya menemui (sebaran ) garam dapur.Bukan karena garam dapur memiliki khasiat ghaib atau mistik tertentu, melainkan ular berusaha menghindari agar jangan sampai ada serpihan garam dapur yang masuk melalui sela-sela atau celah di antara sisiknya ketika melewati sebaran garam, sehingga akan mempersulit dirinya. Sebab ketika berjalan ular akan membuka dan menutup sisiknya.

Selain itu rasa asin dari garam juga tidak disukai oleh ular saat menjulurkan lidahnya.Masalahnya adalah, penggunaan garam dapur untuk mencegah agar ular tidak masuk ke dalam rumah sebenarnya kurang efektif.Garam dapur biasanya akan meleleh dan mencair jika terkena panas dan akan larut jika terkena air ( hujan ). Sehingga jika menggunakan garam dapur untuk mengusir ular, maka harus terpaksa menyebar garam dapur berkali-kali.

Lihat juga :

2. Tali ijuk tidak disukai ular

Ini juga bukan karena mistik atau magic. Tali ijuk tidak disukai ular karena permukaannya yang kasar, yang menyebabkan ular menjadi sulit dalam pergerakannya.Ini berlaku juga pada benda-benda yang serupa dengan tali ijuk, memiliki permukaan kasar atau berduri. Pohon salak misalnya.
Meski terlihat rimbun, akan sangat sulit menemukan ular berkeliaran di pohon salak, karena durinya.

3. Ular tidak suka pada rambut manusia.

Rambut maunsia juga dipercaya termasuk benda yang tidak disukai oleh ular.

4. Ular tidak suka benda yang memiliki bau tajam menyengat.

Ular pada dasarnya binatang dengan penglihatan sangat tidak bagus atau boleh dikatakan hampir buta. Untuk mengenali dan mendeteksi lingkungan sekitar, ular menggunakan lidah ( karena itulah ular selalu menjulur-julurkan lidahnya ).

Benda-benda yang memiliki bau menyengat akan menusuk dan sangat mengganggu indera penciuman ular, sehingga ular akan menghindari benda semacam ini.
Belerang, Ammonia, kapur barus bahkan urine rubah termasuk juga benda yang ditakuti ular.Demikian juga beberapa bahan pembvnuh hama yang berbau tajam, semisal Decis.

5. Ular takut pada hewan yang berkuku atau bercakar tajam.

Pada dasarnya ular takut pada binatang yang berkuku atau bercakar tajam. Kucing misalnya tidak disukai ular. Jika pada sebuah rumah terdapat kucing, biasanya ular akan menghindar.Selain kucing, beberapa jenis hewan yang benar-benar ditakuti ular antara lain :

Honey Badger, binatang ini malah menjadikan ular berbisa sebagai santapannya. Armadillo, yaitu binatang plasental sejenis Trenggiling yang memiliki perisai di tubuhnya
Burung sekretaris, yang memiliki kaki panjang dan kuat, Burung elang, Landak, Mongoose, Rubah dan hewan-hewan sejenis ini.

Lidah mertua atau Pedang-pedangan Sansevieria dan juga pohon Tanjung misalnya, termasuk jenis tanaman yang tidak disukai ular.

Agar ular tidak masuk ke dalam rumah, dapat dilakukan beberapa cara, antara lain :

1. Menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitarnya.Ular menyukai tempat-tempat yang dingin dan gelap. Tumpukan bata atau tumpukan material, sangat disukai ular.Karena itu kondisikan dan jaga agar rumah dan sekitarnya tidak terdapat tempat seperti itu.Buang dan bersihkan barang-barang seandainya tidak dipergunakan. Hindari menumpuk barang.

2. Kondisikan dan jaga agar tidak ada makanan bagi ular di dalam rumah
Ingat, ular adalah binatang pragmatis.
Dimana ada makanan, ia akan datang. Salah satu makanan favorit ular adalah tikus.Karena itu usahakan di dalam rumah bersih dari tikus. Termasuk juga sisa-sisa makanan, atau serangga-serangga kecil yang bisa disantap ular.
Karena itu Point 1 ada kaitannya dengan point 2 ini.

3. Memanfaatkan benda-benda yang ditakuti ular di dalam rumah.Cara selanjutnya adalah dengan memanfaatkan atau memasang salah satu benda atau beberapa benda yang tidak disukai ular di atas untuk ditempatkan di rumah.

4. Tutup semua lubang dan celah di sekitar rumah.Lubang dan celah-celah yang dingin dan hangat merupakan tempat yang disukai ular. Ular biasanya akan terpancing memasuki lubang dan celah untuk berlindung.Karena itu tutup semua lubang dan celah yang ada di sekitar rumah. Termasuk ushakan agar celah bawah pintu sesempit mungkin.

5. Pangkas dan rapikan tanaman
Secara berkala pangkas dan rapikan di dalam lingkungan rumah. Adanya semak yang rimbun akan mengundang ular. Pepohonan yang terlalu tinggi juga bisa menjadi tempat tinggal ular.

6. Hindari adanya genangan air
Beberapa jenis ular tertarik dengan genangan air. Karena itu hindari dan jaga agar tidak terdapat genangan air di sekitar rumah.

7. Buat pagar di sekeliling rumah
Jika rumah anda terletak di lingkungan yang terbuka ( sekitar sawah atau ladang ) pembuatan pagar dari beton atau tembok bersemen yang cukup tinggi sangat disarankan untuk mencegah ular masuk ke dalam rumah. Ular biasanya tidak bisa mendaki atau naik pagar beton atau semen yang licin.

8. Membuat getaran.Ular juga tidak suka dan takut pada getaran. Ular biasanya akan menyingkir dari tempat-tempat yang ada getarannya.

9. Memasang perangkap ular.Cara terakhir untuk mencegah ular agar tidak masuk ke dalam rumah adalah dengan memasang perangkap ular di sekitar rumah.
Dengan adanya perangkap ( yang berisi mangsa ) ular biasanya akan lebih tertarik masuk ke situ daripada masuk ke dalam rumah.

Sumber – dharian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *